Kawah Putih Ciwidey Yang Eksotis


Kawah Putih Ciwidey merupakan salah satu objek wisata alam favorit di Bandung yang menawarkan keindahan alam yang eksotis yang jarang di temukan di daerah lain. Wisata Kawah Putih Ciwidey terletak  di jl. Raya Soreang Ciwidey atau sekitar 25 km dari Kabupaten Bandung. 

Kawah Putih merupakan sebuah danau kawah dari Gunung Patuha dengan ketinggian 2.434 meter di atas permukaan laut dengan suhu antara 8-22°C. Di puncak Gunung Patuha itulah terdapat Kawah Saat, saat berarti surut dalam Bahasa Sunda, yang berada di bagian barat dan di bawahnya Kawah Putih dengan ketinggian 2.194 meter di atas permukaan laut. Kedua kawah itu terbentuk akibat letusan yang terjadi pada sekitar abad X dan XII silam.


Untuk menuju Kawasan Wisata Kawah Putih,  pengunjung bisa menggunakan rute  perjalanan sebagai berikut: Pengunjung dari luar Bandung yang menggunakan kendaraan roda empat dapat melewati jalur pintu Keluar Tol Kopo, melewati sayati dan dilanjutkan ke Soreang, dari soreang dilanjukan ke Ciwidey dan sampailah di lokasi kawah putih. Sementara untuk rute alternatif bisa menggunakan jalur tol Buah Batu.
Sementara bagi para pengunjung yang menggunakan kendaraan umum, akses ke kawah putih bisa ditempuh dengan menggunakan jalur terminal Leuwi Panjang lalu dilanjutkan ke terminal Ciwidey lanjut ke lokasi Kawah Putih