Eksotisme Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul

air terjun sri gethuk

Objek Wisata Air Terjun Sri gethuk - Terletak di antara ngarai sungai Oya yang dikelilingi areal persawahan yang hijau, membuat Pesona Alam Air Terjun Sri Gethuk semakin menarik untuk dinikmati. Air Terjun yang terletak  di Padukuhan Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta  ini merupakan air terjun yang bukan berasal  dari aliran sungai utama. Justru Air Terjun Srigethuk membelah tebing sungai Oya dan menyatu dalam aliran yang sama, jadi tidak mengherankan jika ada suasana kontras. Air terjun demikian jernih, sementara air sungai Oya keruh. Perpaduan yang menarik untuk dinikmati. Air Terjun Sri Gethuk selalu mengalir tanpa mengenal musim. Gemuruhnya menjadi pemecah keheningan di bumi Gunungkidul yang terkenal kering.

air terjun sri gethuk

Untuk menuju lokasi wisata Air Terjun Srigethuk tidaklah sulit. Ada banyak papan penunjuk yang akan menghantar Anda sampai di lokasi. Selepas lapangan terbang Gading, Anda tinggal berbelok ke kanan. Setelah pasar Playen, ada pertigaan dengan papan penunjuk ke arah kanan. Ikuti terus jalan itu dan perhatikan papan petunjuknya. Jalanan desa yang mulus seolah melepas image tentang Gunungkidul yang serba berkekurangan.

Suasana ini sungguh berbeda dengan situasi dua tahun yang lalu. Jalanan berbatu itu telah berganti dengan jalanan beraspal. Jalan menuju lokasi pun telah dibuat melingkar melewati gua Rancangkencono. Jalan lingkar yang berbatu ini melewati pemandangan alam yang indah dengan hamparan tegalan. Jalan lingkar ini dibuat untuk memudahkan pengunjung sehingga tidak terjebal kemacetan ketika arus pengunjung membludak.


Warung-warung yang menjajakan aneka masakan khas Gunungkidul pun berjajar rapi hingga ke bibir sungai. Fasilitas kamar mandi dan ruang ganti pun telah tersedia di areal parkiran.

Dahulu, hanya ada satu gethek yang melayani. Kini, saya melihat ada tiga gethek yang siap mengantar para wisatawan yang akan menikmati keindahan Srigethuk. Para wisatawan yang menggunakan jasa gethek ini harus merogoh kocek sebesar sepuluh ribu untuk pulang pergi. Jika ingin sedikit tantangan, Anda bisa menuju ke lokasi dengan berjalan kaki melalui pematang sawah dan tegalan.


Memasuki areal Wisata Air Terjun Sri Gethuk, aura mistis begitu, Kuatnya aura itu semakin diperkuat dengan beredarnya mitos yang ada dan berkembang di tengah masyarakat. Sri Gethuk adalah nama yang disematkan untuk air terjun ini. Nama ini berasal dari sebuah alat musik gamelan, yaitu kethuk. Konon, di lokasi inilah jin Angguro Menduro menyimpan kethuk. Lama kelamaan dan untuk lebih mudah mengucapkan, lafal kethuk berubah menjadi gethuk. Jadilah nama Sri Gethuk. Jadi, nama gethuk tidak berkaitan dengan nama salah satu makanan khas Gunungkidul.

Demikian ulasan singkat mengenai Air Terjun Srigethuk Gunungkidul, segala informasi mengenai objek wisata yang eksotis ini dirangkum dari berbagai sumber. semoga bisa menjadi referensi bagi anda untuk mengenal lebih dekat tentang Pesona Keindahan Objek Wisata Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul. semoga bermanfaat.