Wisata Goa Cerme yang Eksotis


Objek Wisata Goa Cerme, Yogyakarta - Goa Cerme merupakan salah satu goa yang berada di dusun Srunggo, Selopamioro, Imogiri, Bantul, Yogyakarta. Goa yang merupakan peninggalan sejarah ini memiliki panjang sekitar 1,5 km dimana goa ini tembus hingga sendang di wilayah Panggang, desa Ploso, Giritirto, Kabupaten Gunungkidul. Untuk mencapai goa ini anda harus menaiki tangga setinggi kurang lebih 759 meter. Selain itu di sekitaran Obyek Wisata Goa Cerme terdapat pula goa-goa kecil seperti goa Ledek, goa badut, goa Kaum dan Goa Dalang, dulunya goa-goa ini sering digunakan untuk bersemedi.

Goa Cerme memiliki panorama keindahan stalagtit dan stalagmit serta adanya sungai bawah tanah dan banyaknya kelelawar di dalam gua. Wisata Goa Cerme memiliki kedalaman air sekitar 1 meter hingga 1,5 meter. Goa ini terdiri dari banyak ruangan dengan bentuk yang bermacam-macam seperti Kahyangan , Gedung Sekakap, Kraton,  Panggung Pertemuan, Watu Gilang, Lumbung Padi,  Air Zamzam, Mustoko, Air Suci, Watu Kaji, Pelungguhan atau Paseban, Grojogan Sewu, Air Penguripan, Gamelan,  dan Watu Gantung.

Sebagai goa yang masih terjaga keaslian alamnya, Obyek Wisata Goa Cerme menawarkan beberapa petualangan menantang didalamnya. Dengan jarak tempuh sekitar 1,5 km dari pintu masuk yang berada di wilayah Bantul, dan berakhir di desa Ploso Kabupaten Gunungkidul, selama jarak tempuh tersebut Anda akan berjalan didalam air dengan ketinggian air maksimal 1 – 1,5 meter. Licinya bebatuan dan terjalnya batu karang yang ada didalam air tersebut, akan menantang Anda sebagai petualang untuk tetap bertahan hingga menempuh batas akhir dari Gua Cerme. (baca juga wisata alam Goa Pindul)

Sejarah Goa Cerme Bantul
Kata cerme berasal dari kata ceramah yang mengisyaratkan pembicaraan yang dilakukan walisongo. Gua Cerme dulunya digunakan oleh para Walisongo untuk menyebarkan agama Islam di Jawa. Selain itu, gua Cerme juga digunakan untuk membahas rencana pendirian Masjid Agung Demak. Setiap Senin atau Selasa wage, selalu diadakan upacara syukuran untuk meminta berkah kepada Tuhan.
Transportasi ke Goa Cerme
Dari seluruh lokasi pertama kali menuju terminal Giwangan. Dari giwangan naik bus jurusan Imogiri lalu turun di dusun Srunggo, Desa Selopamioro, kemudian jalan menuju goa Cerme.
Tiket Masuk dan biaya Perjalanan:
  • Biaya rafting via agenwisata               : Rp 120.000
  • Biaya parkir motor di kawasan goa   : Rp 2.000
  • Tiket masuk goa                               : Rp 2.250
  • Sewa headlamp                                : Rp 5.000
  • Tiket masuk goa di dalam                 : Rp 2.000
  • Pemandu goa                                   : Rp 30.000
Informasi dari berbagai sumber