Objek Wisata Pantai Pasir Putih Situbondo Jawa Timur


Objek Wisata Pantai Pasir Putih Situbondo

Objek Wisata Pantai Pasir Putih Situbondo – Pantai Pasir Putih merupakan salah satu wisata pantai Jawa Timur yang terletak di Desa Pasir Putih, Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo Jawa Timur.

Kawasan Wisata Pasir Putih merupakan wisata pantai dari  perpaduan antara wisata pantai dan wisata hutan yang berada persis dibawah lereng gunung Ringgit. Morfologi Pasir Putih terbilang unik karena topografi pantainya melengkung menyerupai teluk yang menghadap ke laut lepas dengan balutan pepohonan yang rindang membentuk gugusan panorama yang indah dan mempesona.

Objek Wisata Pantai Pasir Putih Situbondo

Keistimewaan Objek Wisata Pantai Pasir Putih
Segala macam kegiatan dipantai seperti berenang, menyelam, maupun berselancar dapat dilakukan di pantai pasir putih ini. Selain itu pengunjung dapat menyewa perahu yang disewakan untuk berkeliling sekitar pantai serta menikmati pemandangan bawah laut. Beragam hiburan seperti konser musik dan bermacam lomba seperti lomba selancar, memancing, dan lomba perahu nelayan tradisional sering  diadakan di Kawasan Wisata Pantai Pasir Putih ini sebagai hiburan bagi pengunjung yang datang ke Kawasan pantai ini.

Selain itu, pada bulan Oktober para nelayan sekitar pantai biasanya mengadakan upacara Petik Laut, yaitu upacara dengan melarungkan makanan, jajanan, dan  kepala kerbau ke tengah laut sebagai rasa syukur kepada Tuhan atas hasil laut. 

Akses Menuju Wisata Pantai Pasir Putih
Jalur menuju Objek Wisata Pantai Pasir Putih terbilang mudah  karena letaknya di pinggir jalan utama Surabaya-Banyuwangi. Wisata  pantai ini berjarak kurang lebih 174 km dari kota Surabaya atau sekitar 4 jam perjalanan menggunakan bus dari terminal Bungurasih, Surabaya. Jika dari arah Situbondo,  Kawasan Pantai Pasir Putih berjarak sekitar 21 km atau setengah jam perjalanan dari Kota  Situbondo. Dari Ibu Kota Kabupaten ini, perjalanan menuju Pasir Putih dapat ditempuh dengan angkutan umum sepert bus dan minibus.

Fasilitas Objek Wisata Pantai Pasir Putih
Dikawasan wisata Pantai Pasir Putih, bagi pengunjung yang ingin berenang, di area sekitar pantai telah disediakan penyewaan pelampung sebagai pelindung saat berenang di pantai, selain itu, jika anda ingin menikmati keindahan bawah laut pantai Pasir Putih, anda bisa menyewa perahu yang dilengkapi dengan kotak – kaca sebagai alat bantu bagi pengunjung yang ingin menikmati pemandangan bawah laut.

Demikian sekilas tentang Objek Wisata Pantai Pasir Putih Situbondo, semoga sedikit ulasan ini bisa menjadi referensi bagi anda mengenai Wisata Pantai Pasir Putih, segala informasi ini dirangkum dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat dan selamat berkunjung.