Pesona Keindahan Goa Gong Yang Eksotis



Pesona Keindahan Goa Gong Yang Eksotis - Goa Gong merupakan objek wisata yang berada di Desa Bomo, Kecamatan Punung, Donorejo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Goa Gong berbentuk horizontal dengan panjang sekitar 256meter dan merupakan Goa Terindah di Asia Tenggara, dimana pesona keindahan dalam Goa memang tiada duanya, dengan stalaktit, batuan kapur berbentuk kerucut di langit-langit gua, dan stalagmit, batuan kapur yang berdiri tegak di dasar berusia ratusan tahun yang menambah kesan eksotik dari goa gong ini.


Nama Goa Gong sendiri diambil dari cerita yang beredar di masyarakat sekitar, karena di dalam goa ini sering terdengar bunyi-bunyian yang menyerupai suara gong. Jika anda memukul atau mengetuk salah satu stalaktit dan stalakmit, maka akan berbunyi seperti dengungan gong yang memenuhi ruang di dalam goa.
Goa Gong juga terdapat beberapa ruangan. Ruang pertama adalah ruang Sendang Bidadari yang terdapat sendang kecil dengan air dingin dan bersih di dalamnya. Di sebelahnya adalah ruang Bidadari. Ruang ketiga dan keempat adalah ruang Kristal dan marmer, di dalamnya tersimpan batu Kristal dan marmer dengan kualitas yang mendekati sempurna. Ruangan kelima berupa ruangan yang amat luas. Ruang keenam adalah ruang pertapaan. Dan ruang terakhir adalah ruang Batu Gong, dimana di ruangan ini terdapat batu-batu yang apabila kita tabuh akan mengeluarkan bunyi seperti gong. Di bagian goa terdapat beberapa genangan air yang disebut sendang. Ada sendang yang terisi air dan adapula yang terlihat kering. Di antara sendang tersebut dibatasi oleh dinding batuan yang besar dan pengunjung berjalan melewati di antara celah batuan yang ada. Perjalanan sampai ujung goa kemudian diarahkan menuju mulut goa untuk keluar.


Akses menuju Wisata Goa Gong
Akses untuk menuju ke Wisata Goa Gong cukup mudah, jika Anda dari arah Solo, anda harus menuju ke Pacitan terlebih dahulu. Banyak angkutan umum yang bisa Anda dapatkan untuk menuju ke lokasi. Jalannya pun sudah beraspal. Sampai di Pacitan, perjalanan lalu dilanjutkan menuju ke Desa Bomo, Kecamatan Punung. Dari sini Anda bisa langsung menuju ke lokasi goa.