Objek Wisata Budaya Candi Kalasan Yogyakarta

Wisata Candi Kalasan Yogyakarta

Objek Wisata Candi Kalasan Yogyakarta
Objek Wisata Candi Kalasan Yogyakarta – Candi Kalasan adalah salah satu Candi Budha tertua di Jawa yang berada di Desa Kalasan, Sleman, Yogyakarta, berjarak kurang lebih 2 km dari Kawasan Objek Wisata Candi Prambanan.

Bentuk desain dari bangunan Candi Kalasan ini memiliki stupa sebanyak 52 buah. Seperti tertera pada prasasti Kalasan berangka tahun 778 Masehi, ditulis dengan huruf Pranagari, yang ditemukan di sekitar kawasan candi tersebut yang menyebutkan bahwa pembangunan Candi Kalasan bertujuan untuk menghormati Bodhisattva wanita, Tarabhawana dan sebuah vihara. Pembangunan candi tersebut dilakukan pada masa kekuasaan Rakai Panangkaran yang berasal dari dinasti Syailendra. Sehingga bisa dikatakan bahwa pembangunan Candi Kalasan merupakan bukti kehadiran wangsa Syailendra ke tanah Jawa.

Objek Wisata Candi Kalasan Yogyakarta merupakan salah satu wisata budaya yang wajib dilestarikan di Indonesia karena Candi ini merupakan salah satu peninggalan budaya yang memiliki keindahan ukiran ornaman yang sangat indah dan unik.

Selain itu, Candi Kalasan juga memiliki keistimewaan tersendiri yaitu  adanya lapisan penutup dari getah tanaman tertentu. Lapisan ini dinamakan dengan istilah Bajralepa, menyerupai dengan detil hiasan pada Candi Sari. Tubuh dan atap candi dihiasi dengan beraneka relung dan arca-arca budha. Keindahan ukiran pada tubuh candi ini menunjukkan bahwa pada masa tersebut, terlah memiliki ahli ukir dan pemahat yang cukup hebat. Hal ini juga menunjukkan betapa hebatnya perkembangan seni pahat dan seni ukir pada jaman dulu.

Akses Objek Wisata Candi Kalasan
Untuk menuju Kawasan Candi Kalasan tidaklah sulit, berada di jalur utama jalan Jogja-Solo dan letaknya yang berdekatan dengan Candi Prambanan, membuat akses menuju kawasan candi ini tidaklah begitu sulit. Jika pengunjung menggunakan angkutan umum, bisa menggunakan bus jurusan Jogja-Solo. Sementara  anda menggunakan kendaraan pribadi, dari arah Yogyakarta ke arah timur dan mengambil jalur ke Candi Prambanan.

Demikian sekilas tentang Objek Wisata Candi Kalasan Yogyakarta, segala informasi mengenai candi peninggalan agama Budha ini di rangkum dari berbagai sumber, semoga bisa menjadi referensi bagi anda untuk mengenal tentang Candi Kalasan nan indah ini. Terima kasih dan selamat berkunjung.
bermanfaat dan selamat berkunjung