Pesona Bukit Kecil Pantai Pulau Merah Banyuwangi


Objek Wisata Pantai Pulau Merah - Pantai Pulau Merah merupakan salah satu objek wisata pantai yang berada di Jawa Timur, tepatnya di desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi yang menawarkan pesona alamnya yang eksotis. Kawasan Objek wisata Pantai Pulau Merah ini dikelola oleh Perum Perhutani Unit II Jawa Timur, KPH Banyuwangi Selatan.

Pantai Pulau Merah dikenal dengan salah satu bukitnya yang hijau dipadukan dengan tanahnya yang berwarna merah yang berada di bibir pantai, para pengunjung dapat menikmati pesona keindahan bukit ini saat air laut sedang surut cukup dengan berjalan kaki. Nama Pulau  Merah sendiri merujuk pada bukit kecil yang berada di tepi pantai tersebut yang memiliki tinggi sekitar 200 meter. Bukit tersebut memiliki tanah berwarna merah yang dipadukan dengan hijaunya pepopohan di sekitar bukit, sehingga menambah Pesona Keindahan Pantai Pulau Merah semakin  Eksotis.

Hamparan pasir putih Pantai Pulau Merah yang terbentang  luas sepanjang tiga kilometer dipadukan dengan deburan ombak samudera hindia menambah Kesan  keindahan Pantai Pulau Merah yang begitu mempesona sehingga sangat cocok untuk berwisata bersama keluarga.  Namun, karena ombaknya besar, pantai ini tidak aman untuk kegiatan berenang di pinggir pantai, terutama bagi anak kecil.

Ombak di Kawasan Wisata Pantai Pulau Merah cukup menantang dan menjadi salah satu tempat yang ideal bagi para penggemar olahraga selancar. Ombak di pantai pulau merah tergolong cukup tinggi berkisar antara 3-5 meter dan cocok untuk pecinta olahraga selancar (surfing). Menurut penuturan masyarakat sekitar pantai, wisatawan mancanegara asal Prancis, Jerman, dan Australia sering berkunjung ke tempat ini untuk menaklukan gulungan ombak Pantai Pulau Merah.

Akses Menuju Lokasi Objek Wisata Pantai Pulau Merah
Pantai Pulau Merah berjarak sekitar 100 km dari kota Jember.   Untuk menuju lokasi Objek Wisata Pantai Pulau Merah, pengunjung dapat melalui jalan nasional Jember – Banyuwangi.  Tepat di kecamatan Genteng, berbelok arah ke selatan dengan jalanan aspal yang sangat halus.  Sekitar 15 km dari Genteng, akan memasuki wilayah kecamatan Gambiran.  Dari sini, pengunjung kemudian memilih jalan ke arah pantai selatan menuju kecamatan Pesanggaran, dengan dipandu rambu-rambu yang sangat jelas menuju pulau Merah.  Untuk menuju ke Kawasan pantai Pulau Merah pengunjung bisa memanfaatkan jasa kendaraan sewaan dari Bandara Belimbingsari untuk memudahkan perjalanan Anda karena memang tidak banyak kendaraan umum ke lokasi pantai.

Demikian ulasan singkat mengenai Pantai Pulau Merah Banyuwangi, segala informasi mengenai pantai ini dirangkum dari berbagai sumber. Semoga ulasan singkat ini bisa menjadikan referensi bagi anda untuk mengenal lebih dekat mengenai Pesona Keindahan Pantai Pulau Merah Banyuwangi. Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannnya.


Baca juga : Pesona Keindahan Alam Kawah Ijen Yang Eksotis