Eksotisme Air Terjun Curug Dago Bandung


Eksotisme Air Terjun Curug Dago Bandung - Objek Wisata Alam Curug Dago yang terletak di Desa Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Propinsi Jawa Barat ini memiliki ketinggian air sekitar 12 m yang berada di kentinggian 800 m diatas permukaan laut, panorama alam yang disajikan di wisata ini adalah air terjun yang terbentuk dari aliran sungai Cikapundung ini cukup menarik untuk dinikmati.

Keberadaan Wisata Alam Curug Dago ini memang belum begitu terkenal di kota bandung, karena lokasinya yang cukup tersembunyi yang terletak didaerah Bukit Dago yang masuk dalam kawasan Taman Hutan Raya (THR) Ir Djuanda, Bandung, selain itu kurangnya sarana penunjang lainnya, seperti promosi dari pemerintah Bandung membuat Wisata Alam Air Terjun Curug Dago semakin minim pengunjung.


Meskipun demikian, Curug Dago ternyata menyimpan jejak sejarah yaitu dengan adanya dua prasasti batu tulis peninggalan kerajaan Thailand yang pernah berkunjung ke tempat ini pada tahun 1818.  Kedua prasasti tersebut konon merupakan peninggalan Raja Rama V (Raja Chulalonkorn) dan Raja Rama VII (Pradjathipok Pharaminthara) dari dinasti Chakri.

Akses Wisata Curug Dago

Untuk menuju Obyek Wisata Alam Air Terjun Curug Dago ada dua alternatif jalan yang bias ditempuh, yaitu melalui jalan seberang terminal Dago atau melalui Taman Budaya Ganesha Dago (Dago Tea House) di Jl, Ir. Djuanda.  Kedua jalan alternatif tersebut hanya dapat dilalui dengan kendaraan roda dua atau dengan berjalan kaki.

Dan kalau mengambil rute dari Terminal Dago masuk ke jalan setapak berukuran satu meter setelah menempuh sekitar setengah kilo meter dari jalan besar.  Kondisi jalan sudah dibeton cukup rapi sehingga terasa nyaman untuk dilalui.  bagi yang membawa kendaraan sendiri dapat di parkir di pelataran parkir Taman Budaya dan selanjutnya melewati jalan setapak dengan turunan anak tangga yang lumayan curam.