Wisata Alam Kawah Putih Ciwidey, Bandung

Kawah Putih Ciwidey

Objek Wisata Kawah Putih Ciwidey - Kawah Putih Ciwidey merupakan salah satu obyek wisata yang cukup terkenal di Bandung, dengan panorama alam yang begitu mempesona membuat Kawasan obyek wisata Kawah Putih Ciwidey ini mempunyai daya tarik tersendiri untuk dikunjungi.

Kawah putih Ciwidey yang berlokasi di Jl. Raya Soreang Ciwidey 25 km dari Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Akses untuk menuju tempat wisata kawah putih  ini terbilang sangat mudah yang dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan umum ataupun dengan kendaraan pribadi.

Kawah Putih merupakan danau vulkanik yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha yang memiliki ketinggian 2.434 meter diatas permukaan laut. Walaupun merupakan kawah vulkanik, namun Kawah Putih dapat dijangkau langsung oleh para wisatawan, karena saat ini Gunung Patuha sudah dinyatakan tidak aktif lagi. Pesona Alam yang disajikan Kawah Putih begitu indah membuat Wisata Alam ini begitu ramai dikunjungi, banyak diantara pasangan muda memilih Kawah Putih sebagai tempat yang cocok untuk melakukan sesi pemotretan pra wedding.
Kawah Putih Ciwidey

Untuk sampai ke Wisata Alam Kawah Putih, para pengunjung harus menempuh perjalanan menuju ke atas gunung, sekitar 3 Km dari pintu gerbang masuk. Bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi, Anda bisa memilih untuk parkir di area bawah dan menggunakan kendaraan tradisional “ontang-anting” yang disediakan pengelola wisata untuk naik menuju lokasi kawah putih. Namun, Anda juga bisa menggunakan mobil Anda untuk naik ke atas dan memarkir kendaraan Anda di area parkir atas. Untuk Anda yang belum pernah ke Kawah Putih, jangan lupa membawa jaket atau baju hangat yang tebal, karena suhu udara di wilayah ini cukup dingin. Untuk menghindari bau belerang yang menyengat, Anda disarankan memakai masker, jika lupa membawa nya jangan khawatir, sebelum masuk, banyak orang yang menjual masker untuk pengunjung.

Sebelum masuk area kawah, pengunjung harus menuruni beberapa anak tangga. Dari ketinggian tangga, keindahan alam Kawah Putih sudah terlihat dan bau belerang sesekali tercium. Jika cuaca sedang hujan, uap kawah bisa naik ke atas dan menutupi area kawah sehingga terlihat seperti kabut. Pada saat itu disarankan untuk tidak berlama-lama berada di area kawah, karena gas dan bau belerang yang menyengat bisa membahayakan kesehatan. Selain itu, di area kawah terdapat sebuah gua, yang dinamakan Gua Belanda. Gua ini sudah ditutup, jadi pengunjung hanya bisa melihat mulut gua yang sudah disegel papan oleh pengelola wisata.

Sejarah Kawah Putih Ciwidey

Dibalik keindahan pemandangan Kawah Putih, ternyata tempat wisata ini sebelumnya diangap tempat yang angker oleh masyarakat sekitar. Gunung Patuha oleh masyarakat sekitar juga disebut Gunung Sepuh. Nama Patuha sendiri berasal dari kata Pak Tua. Konon menurut cerita masyarakat, diatas Gunung Patuha terdapat makam leluhur dan merupakan tempat pertemuan para leluhur. Sehingga masyarakat sekitar tidak ada yang berani memasuki area kawah pada saat itu. Akhirnya pada tahun 1837, seorang ahli Botani keturunan Jerman Franz Wilhelm Junghun melakukan observasi ke Gunung Patuha dan menemukan danau vulkanik yang sangat indah yang sekarang dikenal sebagai Kawah Putih.

Demikian sekilas mengenai Kawah Putih Ciwidey, segala informasi mengenai objek wisata ini dirangkum dari berbagai sumber, semoga bisa menjadi referensi bagi anda untuk mengenal lebih dekat Pesona Keindahan Alam Kawah Putih Ciwidey yang Eksotis ini. terima kasih atas kunjungannya dan selamat berkunjung.
 

Baca juga: Objek Wisata Curug Luhur yang Eksotis