Menikmati Sunrise Beach di Kawasan Wisata Pantai Sanur Bali


Wisata Pantai Sanur Bali - Pantai Sanur merupakan salah satu tempat Wisata Pulau Bali yang cukup menarik untuk dikunjungi. Pantai ini terletak persis di sebelah timur kota Denpasar, Bali. Kawasan Pantai Sanur sudah terkenal sejak dahulu kala pada saat terjadi perang Puputan Badung pada tanggal 20 September 1906, di mana pada saat itu pasukan Belanda mendaratkan tentaranya di pantai Sanur. Dalam sejarah Bali Kuno, Pantai Sanur juga sudah terkenal dengan adanya bukti berupa tugu batu bertulis (Prasasti Blanjong) yang merupakan prasasti dari Raja Kasari Warmadewa yang berkeraton di Singhadwala sekitar tahun 917 Masehi, di mana prasasti tersebut terdapat di Blanjong, daerah bagian selatan dari Obyek Wisata Pantai Sanur.

Obyek Wisata Pantai Sanur Bali mulai diperkenalkan ke dunia internasional pada tahun 1932 oleh seorang pelukis bernama  A. J. Le Mayeur yang merupakan warga Negara Belgia. Keindahan Panorama Pantai Sanur membuat  Le Mayeur memutuskan tinggal di Sanur dan kemudian mendirikan sanggar lukis, lalu Le Mayeur menikah dengan seorang gadis Bali Ni Nyoman Pollok yaitu seorang penari Legong yang cukup terkenal. Kini sanggar lukis yang didirikan oleh Le Mayeur dijadikan sebuah Museum yang letaknya berada di area Kawasan Wisata Pantai Sanur.

Wisata Pantai Sanur Bali

Selain terkenal dengan keindahan panorama alamnya Wisata Pantai Sanur juga terkenal dengan sebutan Sunrise beach atau pantai matahari terbit kebalikan dari Pantai Kuta yang terkenal dengan sunset beach (pantai Matahari Terbenam).

Pantai Sanur Bali sekarang telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang wisata seperti hotel, restoran, kafe ataupun art shop. Selain fasilitas-fasilitas tersebut pada area pantai juga telah dibangun semacam pondok kecil yang digunakan untuk tempat duduk atau bersantai sambil menunggu Keindahan Sunrise Beach di Pantai Sanur.

Lokasi Objek Wisata Pantai Sanur berjarak sekitar 6 km dari pusat kota Denpasar dan dapat dicapai dengan kendaraan pribadi seperti mobil atau sepeda motor. Jika  menggunakan kendaran umum, wisatawan tak perlu khawatir karena kendaraan umum sangat ramai mondar-mandir antara Sanur-Denpasar.

Demikian sekilas tentang Objek Wisata Pantai Sanur Bali, segala informasi mengenai pantai sanur ini di rangkum dari berbagai sumber, semoga bisa menjadi refensi bagi anda mengenai Objek Wisata Pantai Sanur Bali, Semoga bermanfaat dan terima kasih.