Kawasan Wisata Pura batu Bolong Lombok


Pura Batu Bolong

Kawasan Wisata Pura batu Bolong Lombok - Pura Batu Bolong merupakan sebuah pura kecil yang terdapat di daerah Senggigi, Lombok, NTB. Apabila anda melakukan perjalanan darat dari Mataram menuju pelabuhan Bangsal (tempat penyebrangan reguler ke Gili Trawangan) melalui jalur pantai, anda akan melewati pura ini.

Dikatakan pura batu bolong karena memang memiliki lubang atau bolong di tengah batu tersebut. Batu yang terletak di karang hitam itu dan posisinya dekat ke tengah laut menjadikan Objek Wisata Pura batu Bolong ini terlihat unik dan mempesona dengan keindahan alam sekitarnya.

Pura Batu Bolong pernah disinggahi oleh Dang Hyang Dwijenda, seorang pendeta asal Jawa Timur sebagai perjalanan spiritualnya dan pura ini  merupakan tempat sejarah peranan penting dalam perkembangan agama Hindu di Bali dan Lombok.

Dahulu, Objek Wisata Batu Bolong sering diadakan upacara pengorbanan seorang perawan sebagai sajian makanan bagi ikan hiu yang tinggal di pantai dan tempat ini juga merupakan tempat para wanita menerjunkan dirinya ke laut akibat patah hati. Pura Batu Bolong terletak kurang lebih 12 km dari Kota Mataram bisa dicapai dengan kendaraan pribadi atau kendaraan umum yang ada di Kota Mataram.

Seperti halnya pura-pura yang yang ada di pulau Bali, Pura batu Bolong juga mengharuskan pengunjung untuk menggunakan kain berwarna kuning di pinggang selama berada di dalam area pura, juga menjaga kesopanan karena sejatinya pura merupakan tempat ibadah keagamaan. Selain itu terdapat peraturan bahwa wanita yang sedang berhalangan dilarang memasuki area pura.

Nama Pura Batu Bolong itu sendiri sesuai dengan sebuh batu besar dengan lubang di tengahnya yang terdapat di pura tersebut. Salah satu pura yang terdapat di dalam area Pura Batu Bolong bernama pura Ratu Gede Mas Mecaling, letaknya di depan, dekat dengan pintu masuk pura.

Apabila anda dalam perjalanan dan melewati tempat ini, sempatkanlah untuk berhenti sejenak untuk melihat-lihat dan mungkin mengambil beberapa foto. Tetapi apabila anda berada di bagian pulau Lombok lain di luar area Senggigi, tidak perlu memaksakan diri untuk menuju Pura Batu Bolong karena tidak banyak yang bisa dinikmati di pura Ini.


Demikian sekilas mengenai Objek Wisata Pura batu Bolong Lombok, Segala informasi mengenai Pura batu Bolong di rangkum dari berbagai sumber. Semoga Bermanfaat dan terima kasih.