Objek Wisata Danau Laut Tawar



Objek Wisata Danau Laut Tawar - Danau Laut Tawar merupakan  sebuah danau dan kawasan wisata yang terletak di Dataran Tinggi Gayo, Kabupaten Aceh Tengah, Nanggroe Aceh Darussalam. Suku Gayo menyebut danau ini dengan sebutan Danau Laut Tawar. Luasnya kira-kira 5.472 hektare dengan panjang 17 km dan lebar 3,219 km.  Danau Laut Tawar disebut dengan nama Laut karena wilayah perairan danau ini sangat luas. Begitu pun dengan nama Tawar, karena air yang berada di danau ini merupakan air tawar.

Keberadaan Danau Laut Tawar selain sebagai objek wisata, danau ini juga digunakan sebagai sumber air bagi Kabupaten Aceh Tengah dan beberapa kabupaten lain di sekitarnya. Panorama di sekitar Danau Laut Tawar yang diapit oleh dua buah bukit ini menyajikan keindahan tersendiri bagi anda yang berkunjung ke Objek Wisata Danau Laut tawar.

Di Danau Laut Tawar juga terdapat satu spesies ikan yang hanya ada di sini, yaitu ikan depik. Ikan yang memiliki nama latin Rasbora Tawarensis ini berbentuk seperti ikan hias dengan tubuh ramping seukuran jempol tangan, dan bersisik putih berkilau.



Berdasarkan legenda rakyat, Danau Laut Tawar terjadi dari kisah seorang putri raja yang menikah dengan seorang pria dari kerajaan lain, yang tidak direstui oleh orangtuanya.

Pada saat pergi meninggalkan istana, sang putri mendapat pesan tidak boleh memalingkan wajahnya ke belakang selama perjalanan. Namun putri lupa, sehingga muncullah petir dan kilat serta hujan lebat yang membuat sang Putri tersungkur dan menangis. Hujan dan tangisan Sang Putri kemudian dipercaya menjadi sumber terbentuknya Danau Laut Tawar. Baca Juga Objek Wisata Museum Stunami Aceh