Objek Wisata Pantai Pelabuhan Ratu Sukabumi


Objek Wisata Pantai Pelabuhan Ratu Sukabumi - Pantai Pelabuhan Ratu merupakan salah satu tempat wisata pantai di selatan Jawa Barat yang menyajikan keindahan alam sekitar pantai yang mempesona dengan hamparan pasir putih yang membentang luas.  Pantai ini terletak sekitar 60 km ke arah selatan dari Kota Sukabumi, Jawa Barat.


Daya tarik Wisata Pantai Pelabuhan Ratu selain panorama alamnya yang indah,  kondisi ombak pantai ini sangat cocok jika digunakan untuk olahraga surfing, karena ketinggian gelombangnya yang cukup stabil. Dengan kondisi ombaknya tersebut, di Pantai Pelabuhan Ratu ini terdapat beberapa tempat surfing yang sering dikunjungi wisatawan yang ramai dikunjungi sekitar bulan Mei sampai Oktober, yaitu Batu Guram, Karang Sari, Cimaja, Karang Haji, Indicator, Sunset Beach, Ombak Tujuh, dan Ujung Genteng.

Selain itu, Wisata Pantai Pelabuhan Ratu Sukabumi, pengunjung akan bisa menikmati acara sedekah laut atau pesta laut, yaitu dengan melarungkan kepala kerbau dan berbagai sesajen lainnya ke tengah laut. Tradisi ini merupakan ungkapan rasa syukur masyarakat sekitar Pantai Pelabuhan Ratu atas anugrah yang diberikan Tuhan atas hasil tangkapan nelayan sekitar pantai. Acara sedekah laut ini biasanya jatuh pada setiap tanggal 5 April dan berlangsung sekitar 2 hari 1 malam.

Selain memiliki daya tarik yang eksotis, bagi anda yang ingin membeli atau sekedar melihat ikan hasil tangkapan nelayan, di Objek Wisata Pantai Pelabuhan Ratu, Jawa Barat ini juga terdapat tempat pelelangan ikan yang menjual berbagai macam ikan laut, seperti cakalan, layur, cumi-cumi, bawal, udang, dan lain-lain dalam kondisi masih segar.

Bagi anda yang ingin berkunjung ke Wisata Pantai Pelabuhan Ratu Sukabumi, Anda dapat menempuhnya dengan bus dari Terminal Bogor jurusan Bogor-Sukabumi dengan tarif sekitar Rp 15.000,-. Perjalanan dilanjutkan dengan bus jurusan Sukabumi-Pelabuhan Ratu. Biaya tiket masuk adalah Rp 2.000,- per orang.

Demikian sekilas tentang Objek Wisata Pelabuhan Ratu, Sukabumi, segala informasi mengenai wisata pantai ini di sadur dari berbagai sumber, semoga bisa menjadi referensi bagi anda yang ingin berkunjung ke Pantai Jawa Barat ini. Terimakasih dan semoga bermanfaat.