Objek Wisata Pura Agung Besakih Bali

Objek Wisata Pura Agung Besakih Bali

Objek Wisata Pura Agung Besakih Bali - Pura Besakih merupakan pura terbesar dari pura yang ada di pulau Bali yang menawarkan pemandangan yang indah dari setiap pura yang ada di komplek pura terbesar ini. Pura Besakih terletak di desa Besakih, kecamatan Rendang Kabupaten Karangasem, Bali. Komplek Pura Besakih ini terdiri dari 1 Pura Pusat (Pura Penataran Agung Besakih) dan 18 Pura Pendamping (1 Pura Basukian dan 17 Pura Lainnya).

Nama Besakih berasal dari kata "Basuki", diambil dari kata "Wasuki" yang berarti Keselamatan dalam bahasa Sansekertanya. Sedangkan, dalam mitologi Samudramanthana, nama "Besuki" sebenarnya mengacu pada  "Naga Besukian", yang mendiami Gunung Agung, gunung berapi yang ada di Bali.
Komplek Pura Besakih dianggap sebagai tempat suci sejak zaman kuno.  Berdasarkan catatan prasasti kuno 1007 Masehi. Diketahui bahwa sejak abad ke-15, Besakih dianggap sebagai pusat candi Hindu di Pulau Dewata Bali.

Keberadaan Pura Agung Besakih, tidak sekedar menjadi tempat pemujaan terhadap Tuhan YME, menurut kepercayaan Agama Hindu Dharma, yang terbesar di pulau Bali, namun di dalamnya memiliki keterkaitan latar belakang dengan makna Gunung Agung. Sebuah gunung tertinggi di pulau Bali yang dipercaya sebagai pusat Pemerintahan Alam Arwah, Alam Para Dewata, yang menjadi utusan Tuhan untuk wilayah pulau Bali dan sekitarnya. Sehingga tepatlah kalau di lereng Barat Daya Gunung Agung dibuat bangunan untuk kesucian umat manusia, Pura Besakih yang bermakna filosofis.

Akses menuju Wisata Pura Agung Besakih
Untuk menuju Objek Wisata Pura Besakih, jika anda dari Kuta, dibutuhkan sekitar 2 jam untuk sampai di Pura Besakih. Anda cukup menuju ke timur ke arah Sanur, kemudian ikuti jalur pantai, yang terhubung ke Bypass Kusamba di Tohpati. Lalu ke utara sampai Anda menemukan tanda jalan menuju Besakih dan setelah beberapa kilometer berbelok ke utara.

Jika Anda dari Klungkung, anda bisa menggunakan transportasi umum seperti Bemo dan bus umum berukuran kecil yang akan membawa Anda ke Besakih dari Klungkung. Bemo sering berangkat pada pagi hari dan disarankan untuk berganti bemo di Rendang, pertengahan antara Klungkung dan Besakih.

Jika Anda dari utara Denpasar dengan mobil jarak yang akan anda ditempuh sekitar 25 kilometer. Namun, jika Anda dari timur Bali seperti di Tirta Gangga, Candidasa, atau Amed, Anda dapat mencapai Besakih dengan mengambil jalan pedalaman yang lebih kecil dari Karangasem. Jalur ini akan membawa Anda ke perempatan antara Besakih dan Klungkung di Rendang, kemudian berbelok ke kanan untuk mencapai Pura Besakih. Selama satu jam perjalanan Anda, Anda akan menikmati pemandangan indah dalam perjalanan melalui hutan, desa, dan sawah.

Demikian informasi mengenai Objek Wisata Pura Besakih, segala informasi dari artikel ini diambil dari berbagai sumber. Semoga Bermanfaat dan terimakasih atas kunjungan anda. Wisata Indonesia