Objek Wisata Taman Nasional Bunaken


Objek Wisata Taman Nasional Bunaken - Taman Nasional Bunaken merupakan Objek wisata taman laut yang menawarkan keindahan terumbu karang bawah laut yang cukup mempesona. Taman laut yang berada di Sulawesi Utara ini terletak di segitiga terumbu karang yang menjadi habitat bagi 390 spesies terumbu karang dan juga berbagai spesies laut lainnya.

 
Objek wisata Taman Laut Bunaken
didirikan pada tahun 1991 dengan memiliki luas 890.65 km2, untuk 97 % merupakan habitat laut, sedangkan 3 % merupakan daratan yang meliputi 5 pulau yaitu Bunaken, Manado Tua, Mantehage, Naen dan Siladen.

Di Taman Nasional Bunaken, untuk habitat laut terdapat sekitar 390 spesies ekosistem terumbu karang dan juga memiliki berbagai spesies ikan, mamalia laut, reptil, burung, moluska dan mangrove. Ada Sekitar kurang lebih 90 spesies ikan tinggal di perairan wilayah ini.

Sementara untuk ekosistem ii daratan, Taman Nasional Bunaken ini kaya akan Arecaceae, sagu, woka, silar dan kelapa. Selain itu, Taman Nasional Bunaken juga memiliki spesies hewan yang tinggal di daratan, seperti rusa dan kuskus. Hutan mangrove di taman ini menjadi habitat bagi kepiting, lobster, moluska dan burung laut.