Pantai Baron Gunung kidul, Menikmati Muara Sungai Bawah Tanah Yang Eksotis



Obyek Wisata Pantai Baron - Pantai Baron merupakan salah satu objek wisata pantai di Gunungkidul yang menawarkan pesona keindahan alamnya yang cukup mempesona, pantai ini terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul atau kurang lebih 20 km arah selatan dari kota Wonosari atau sekitar 65 km dari Kota Yogyakarta. 

Selain memiliki panorama alam yang cukup indah dengan bentangan pasir putihnya yang luas serta deburan ombak yang menantang, Kawasan Wisata Pantai Baron Jogja ini juga terdapat sebuah muara sungai bawah tanah yang mengalir ke laut yang bisa digunakan untuk pemandian setelah bermain di sekitar pantai. Selain itu wisatawan juga dapat menikmati aneka ikan laut segar maupun siap saji karena di Pantai Baron telah terdapat fasilitas berupa tempat pelelangan ikan, wahana permainan anak-anak, perahu bermesin, dan juga deretan toko yang menawarkan berbagai jenis cinderamata mulai dari buah sirkaya, pisang tanduk, sirsak, dan berbagai macam cinderamata yang terbuat dari kerang laut. Cinderamata berbahan kerang yang banyak dijual di Pantai Baron Gunungkidul ini adalah bros, tirai kerang, lampu hias, cermin berhias karang, figura, dan aneka karakter hewan yang juga terbuat dari kerang laut.

Ada hal yang menarik di Kawasan Pantai Baron Jogja ini, pada setiap bulan Syuro tahun Jawa masyarakat nelayan sekitar Pantai Baron menyelenggarakan Upacara Sedekah Laut yang merupakan ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas panenan ikan yang melimpah dan keselamatan saat mencari ikan di laut.

Sebelumnya, sebagaian besar dari penduduk di sekitar Pantai Baron bukanlah nelayan melainkan petani yang mengolah kebun. Suatu ketika ada seseorang yang memulai menangkap ikan di pinggiran pantai dan mendapatkan banyak ikan, kemudian banyak penduduk yang mengikuti orang tersebut untuk menangkap ikan.Semakin lama, ikan di pinggir pantai semakin sedikit kemudian penduduk mencoba menangkap ikan ketengah laut menggunakan rakit kayu. Adanya kapal di pantai ini karena suatu ketika terjadi tragedi nelayan yang saat menangkap ikan di tengah laut digigit oleh ikan hiu maka kabar ini pun tersiar di mana-mana dan menjadikan pemerintah menyumbangkan perahu untuk nelayan Pantai Baron.

Akses Menuju Lokasi Wisata Pantai Baron Gunung kidul

Untuk menuju ke Lokasi Kawasan Wisata Pantai Baron, ada beberapa pilihan transportasi yang dapat gunakan. Seperti  menggunakan taksi, bus umum, atau kendaraan pribadi baik mobil maupun motor. Anda yang hendak ke Pantai Baron dengan menggunakan kendaraan umum, jalur kendaraan umum yang dapat Anda tempuh adalah: Dari Stasiun Tugu menuju Terminal Giwangan ditempuh dengan bus Trans-Jogja jurusan 1A, di shelter Bandara Adisucipto Anda harus pindah bus jalur 3B—jalur bus yang menuju Terminal Giwangan. Biaya sekali jalan adalah Rp 3.000,00-. Dari Bandara Adisucipto, Anda dapat langsung naik bus Trans-Jogja jalur 3B langsung ke Terminal Giwangan. Ongkos bus dari bandara ke Terminal Giwangan adalah Rp 3000,00-. Sesampainya di Terminal Giwangan, Anda dapat naik minibus jurusan Yogyakarta-Wonosari dengan jarak tempuh antara 1 hingga 2 jam. Setelah sampai di Wonosari, perjalanan dilanjutkan dengan minibus yang menuju Obyek Wisata Pantai Baron.Lihat juga Pantai Krakal Jogja, Wisata Pantai Dengan Pesona Alamnya yang Mempesona
Demikian sekilas mengenai Wisata Pantai Baron, semoga ulasan tentang Pantai Baron Gunung kidul, Menikmati  Muara Sungai Bawah Tanah Yang Eksotis ini bisa menjadi referensi bagi anda untuk mengenal lebih dekat wisata pantai di Kabupaten Gunungkidul ini. Semoga bermanfaat dan selamat berkunjung. Wisata Indonesia