Pantai Krakal Jogja, Wisata Pantai Dengan Pesona Alamnya yang Mempesona


Wisata Pantai Krakal Yogyakarta - Pantai Krakal merupakan salah satu obyek wisata pantai di Kabupaten Gunungkidul yang menawarkan keindahan pesona alamnya dengan hamparan pasir putihnya yang bersih yang dipadukan dengan batuan karang di sekitar pantai. Kawasan Wisata Pantai Krakal Gunungkidul terbentang di ujung dari rangkaian pantai di sisi tenggara Kabupaten Gunungkidul, diantaranya Pantai Baron dan Kukup. Pantai Krakal terletak di wilayah desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari sekitar 65 km dari kota Yogyakarta yang dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 3 jam.


Pantai Krakal Gunungkidul

Perjalanan menuju Lokasi Kawasan Wisata Pantai Krakal ini, pengunjung akan disuguhkan pemandangan alam yang cukup mempesona yakni bukit-bukit kapur yang diselingi dengan teras-teras batu karang. Hal tersebut merupakan ciri dari daerah karts yang dikelola penduduk. Berdasarkan penelitian geologis, pada zaman dulu daerah Krakal merupakan dasar dari lautan yang oleh proses pengangkatan, dasar laut ini semakin lama semakin meninggi dan akhirnya muncul sebagai dataran tinggi. Batu-batuan karang yang nampak pada waktu itu, merupakan bekas rumah binatang karang yang hidup di lautan saat itu.

Panjang Pantai Krakal yang mencapai 40.000 meter membuat pantai ini menjadi pantai terpanjang di Kabupaten Gunungkidul. Beberapa pendapat bahkan tanpa ragu menyebut Krakal sebagai yang terindah. Sisi barat dan timurnya dibatasi dengan tebing karang. Selain bisa menikmati Pesona Alam Pantai Krakal, pengunjung juga dapat bermain-main dengan ombak di Pantai Krakal.

Kawasan Pantai Krakal Jogja

Ada satu hal yang unik di Kawasan Pantai Krakal Jogja ini, yaitu munculnya beragam ikan hias di waku tertentu. Ketika situasi laut sedang surut, munculah ikan hias seperti Kepe, Bustum dan Pogat yang mempunyai ukuran besar serta ikan hias Tliger yang kecil. Munculnya ikan hias biasanya bersamaan dengan munculnya lumut saat musim kemarau datang. Ikan-ikan ini juga lebih banyak bermunculan saat awal bulan dibanding akhir bulan.

Dengan pesona alamnya yang cukup menarik ini, membuat beberapa biro perjalanan wisata di Jawa Tengah maupun Yogyakarta juga sudah mulai mempromosikan pantai cantik ini dan pengelola pantai sudah mulai berbenah. Rencananya di dekat Kawasan objek Wisata Pantai Krakal ini akan dibangun resort sebagai fasilitas penunjang.

Bagi para pengunjung yang ingin menikmati pesona alam maupun melepas penat karena rutinitas pekerjaan ataupun hal-hal lainnya, jika ingin berkunjung ke Pantai Krakal anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Akses menuju pantai juga sudah tergolong bagus, karena sepanjang jalan menuju pantai sudah beraspal. Sementara untuk fasilitas di Pantai Krakal juga sudah cukup memadai seperti warung makan dan juga penginapan.

Lihat juga Wisata Pantai Kabupaten Gunungkidul Lainnya
 Demikian ulasan singkat mengenai Pantai Krakal Gunungkidul Yogyakarya,  segala informasi mengenai objek wisata pantai ini dirangkum dari berbagai sumber. semoga bisa menjadi referensi bagi anda untuk mengenal lebih dekat mengenai Pantai Krakal Yogyakarta, Wisata Pantai Dengan Pesona Alamnya yang Mempesona. terima kasih dan semoga bermanfaat. Wisata Indonesia