Wisata Pantai Kukup Gunungkidul Jogja Yang Eksotis

Wisata Pantai Kukup Jogja

Wisata Pantai Kukup - Bicara wisata pantai di Yogyakarta seperti tidak ada habisnya, kurang lebih ada sekitar 20 pantai yang dapat dikunjungi oleh para wisatawan dan semuanya memiliki panorama alam yang berbeda-beda, sebut saja Pantai Kukup, Pantai yang terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Yogyakarta, ini memiliki keunikan tersendiri yang  menawarkan pemandangan pantai  dengan hamparan pasir putih dan batu karang yang membentuk gua.

Wisata Pantai Kukup

Selain itu, Kawasan Obyek Wisata Pantai Kukup juga memiliki keistimewaan tersendiri di antara pantai-pantai yang ada di kabupaten Gunungkidul, diantaranya adalah banyaknya biota laut yang dapat anda temukan dipantai ini seperti ikan hias dengan beranekaragam jenis dan warna, belut laut, bintang laut dan masih banyak lagi.

Di Wisata Pantai Kukup ini juga terdapat pendopo cottege dengan fasilitas yang memadai. Sama seperti di Pantai Baron, pada setiap bulan Sura di pantai Kukup ini juga diadakan Sedekah Laut atau yang biasa disebut penduduk sekitar dengan labuhan.

Akses Obyek Wisata Pantai Kukup
Untuk menuju lokasi Wisata Pantai Kukup, sebaiknya mengarahkan perjalanan menuju kota Wonosari. Jalur yang paling mudah untuk menuju Wonosari dari pusat kota Yogya adalah dengan mengambil jalur lingkar luar Selatan (Ring Road Selatan) bagian Timur menuju ke arah jalan Raya Wonosari. Jarak terpendek dari lingkar Selatan Yogyakarta menuju Wonosari melalui jalan raya Wonosari adalah sekitar 32 km.

Setelah sampai di kota Wonosari, terdapat dua jalan alternatif untuk menuju pantai Kukup. Jalur pertama yaitu, setelah melewati alun-alun Wonosari belok kanan melewati desa Kemandang ke arah pantai Kukup (terdapat tanda petunjuk untuk belok ke kanan). Kondisi jalan jalur ini cukup bagus dengan marka yang sangat memadai. Jalur ini berupa jalur yang berkelok-kelok melewati perbukitan batu gamping Gunung Kidul. Panjang rute ini dari Wonosari sampai pantai Kukup adalah sekitar 23 km. Sebelum memasuki kawasan pantai, terdapat gerbang loket retribusi. Tarif untuk memasuki pantai adalah 2000 rupiah/per orang. Setelah melewati gerbang ini, terdapat pertigaan, ambil ke arah kiri untuk menuju pantai Kukup, sedangkan yang ke arah kanan menuju pantai Baron. Baca juga Wisata Pantai Indrayanti

Demikian sekilas tentang Wisata Pantai Kukup Jogja, segala informasi mengenai kawasan pantai ini di rangkum dari berbagai sumber, semoga bisa menjadi referensi bagi anda untuk mengenal lebih dekat Pesona Keindahan Objek Wisata Pantai Kukup Jogja yang Eksotis. Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya. Wisata Indonesia