9 Pantai Indah dan Cantik di Gunungkidul


9 Pantai Indah dan Cantik di Gunungkidul - Kabupaten Gunungkidul merupakan salah satu wilayah yang terdapat di Propinsi Yogyakarta yang paling banyak memiliki objek wisata pantai, setidaknya terdapat 9 pantai yang indah dan cantik dengan menawarkan keindahan hamparan pasir putih dan deburan ombak yang siap memanjakan anda. Bagi anda yang ingin berwisata ke pantai bersama keluarga ataupun kerabat, Berikut ini 9 Pantai Indah dan Cantik di Kabupaten Gunungkidul yang tidak boleh anda lewatkan :

1. Pantai Baron
Pantai Baron yang terletak kurang lebih 40 km dari Yogyakarta ini menyimpan pesona alam yang sangat indah, di Pantai Baron ini terdapat sebuah muara sungai bawah tanah yang bisa digunakan untuk pemandian setelah bermain di laut. Selain itu wisatawan juga dapat menikmati aneka ikan laut segar maupun siap saji, dengan harga terjangkau, termasuk menu khas Pantai Baron yaitu Sop Kakap. Pada sisi sebelah timur dapat dicapai melalui jalan setapak yang melingkar terdapat bukit kapur wisatawan bisa beristirahat di gardu pandang, sambil menghirup udara pantai yang menyegarkan.

2. Pantai Krakal
Pantai Krakal merupakan obyek wisata pantai dengan pasir putih yang diselingi dengan karang. Pantai Krakal terbentang di ujung dari rangkaian pantai di sisi tenggara Gunungkidul, diantaranya Pantai Baron dan Kukup. Pantai Krakal terletak diwilayah desa Ngestirejo, kecamatan Tanjungsari sekitar 65 km dari kota Yogyakarta yang dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 3 jam.

Panjang Pantai Krakal yang mencapai 40.000 meter membuat pantai ini menjadi yang terpanjang di Kabupaten Gunungkidul. Beberapa pendapat bahkan tanpa ragu menyebut Krakal sebagai yang terindah. Sisi barat dan timurnya dibatasi dengan tebing karang.

Ada satu hal yang unik di Krakal, yaitu munculnya beragam ikan hias di waku tertentu. Ketika situasi laut sedang surut, muncullah ikan hias seperti Kepe, Bustum dan Pogat yang mempunyai ukuran besar serta ikan hias Tliger yang kecil. Munculnya ikan hias biasanya bersamaan dengan munculnya lumut saat musim kemarau datang. Ikan-ikan ini juga lebih banyak bermunculan saat awal bulan dibanding akhir bulan.

3. Pantai Drini
Pantai Drini, pantai yang terletak diwilayah Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul ini mempunyai keistimewaan tersendiri yaitu terdapat sebuah pulau karang yang ditumbuhi pohon Drini.

Seperti halnya pantai lain yang ada di Kabupaten Gunungkidul, Pantai Drini juga dikelilingi dengan panorama hamparan pasir putih dan batu  karang yang berdiri kokoh menantang derasnya hantaman ombak. Ada keunikan yang dapat dilihat di Obyek Wisata Pantai Drini, yaitu Pantai Drini diliputi pasir putih yang terbagi menjadi dua bagian, sisi sebelah barat dan sisi sebelah timur, dimana kedua bagian tersebut memiliki karakter yang berbeda.

Pada bagian pantai sisi sebelah barat, terdapat hamparan pantai yang memanjang. Sedangkan pada sisi sebelah timur, terdapat teluk kecil yang menghadap ke arah tenggara. Tiap sisi bagian laut dipisahkan oleh sebuah batu karang besar. Jika air sedang surut, pemisahan Pantai Drini pada sisi sebelah barat dan timur tidak terlihat jelas. Tapi pada saat air laut sedang pasang, maka lambat laun pemisahan ini akan jelas terlihat karena air laut dari sisi timur akan naik secara perlahan.

Selanjutnya, melalui sebuah alur, air ini akan bergerak menuju kearah barat dan menggenangi beberapa bagian pantai. Genangan ini akhirnya akan menghalangi pengunjung yang ingin pergi ke pantai sebelah barat sehingga mereka harus memutar jalan. Dan pada akhirnya, genangan air ini akan membuat karang besar yang mulanya sebagai pemisah akan terlihat seperti sebuah pulau kecil di tengah Pantai Drini.

4. Pantai Indrayanti
Pantai Indrayanti mempunyai konsep yang berbeda dibandingkan dengan pantai-pantai yang ada di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Walaupun sama-sama memiliki hamparan pasir putih dan batuan karang, namun Pantai Indrayanti memiliki nuansa yang berbeda, bisa dikatakan pantai kutanya Yogyakarta. untuk menarik wisatawan baik asing maupun lokal pihak pengelola memberikan sentuhan yang terlihat modern, hal tersebut dapat dilihat pada penataan lokasi serta penyediaan fasilitas untuk menunjang para pengunjung di Obyek Wisata Pantai Indrayanti.

Saat anda memasuki lokasi Wisata Pantai Indrayanti, terlihat restoran berjejer rapi di sepanjang pinggir pantai, tak ketinggalan juga hamparan pasir putih dan batu karang yang semakin menjadikan Pesona Pantai Indrayanti terlihat indah yang tidak akan pernah ditemui di pantai-pantai yang ada di Kabupaten Gunungkidul.

5. Pantai Sepanjang
Pantai Sepanjang terletak di Desa Kemadang, Kecamatan  Tanjungsari Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta. Wisata pantai yang masih tergolong baru ini memiliki garis pantai yang panjang diantara pantai-pantai yang ada di wilayah kabupaten Gunungkidul dengan menawawarkan keindahan alam dengan hamparan pasir putih yang bersih disepanjang pantai, banyak orang menyebutnya Pantai Kutanya Yogyakarta.

Wisata pantai Sepanjang tidak menawarkan hal-hal yang modern seperti adanya café-café ataupun cottage mewah, tetapi di pantai ini menawarkan kedekatan terhadap alam, hal ini terlihat tidak adanya bangunan permanen yang berdiri di pinggir pantai, yang terlihat hanyalah beberapa gubuk yang ditinggali oleh masyarakat sekitar. Di Obyek Wisata Pantai Sepanjang anda juga masih bisa menemui berbagai jenis binatang laut dan kerang-kerangan, tetapi anda harus berhati-hati karena masih banyaknya landak laut dengan durinya yang tajam.

6. Pantai Sundak
Pantai Sundak terletak di Desa Sidoharjo, Tepus, Gunungkidul, punya legenda. Nama Sundak konon berasal dari perkelahian antara anjing yang dalam bahasa Jawa adalah asu dan landak. Maka kemudian, kedua binatang tersebut disingkat menjadi Sundak.

Pantai Sundak memiliki panorama alam yang sangat indah. Maka tak heran jika belakangan pantai ini menjadi wisata alam unggulan di Kabupaten Gunungkidul. Kolaborasi antara pasir putih yang landai dan air laut yang jernih membuat daya tarik tersendiri di pantai ini.

Di pantai ini Anda akan disuguhkan bukit-bukit kapur yang eksotis dan sering digunakan sebagai lokasi pemotretan. Pantai Sundak juga memiliki gua dengan sumur mata air tawar yang menjadi sumber mata air penduduk sekitar.

7. Pantai Siung
Pantai Siung terletak di wilayah terpencil di Kabupaten Gunung Kidul, tepatnya sebelah selatan kecamatan Tepus. Jaraknya sekitar 70 km dari pusat kota Yogyakarta, atau sekitar 2 jam perjalanan.

Panorama alam yang cukup menonjol dari Pantai Siung adalah batu karangnya. Karang-karang yang berukuran raksasa di sebelah barat dan timur pantai memiliki peran penting, tak cuma menjadi penambah keindahan dan pembatas dengan pantai lain. Karang itu juga yang menjadi dasar penamaan pantai, saksi kejayaan wilayah pantai di masa lampau dan pesona yang membuat pantai ini semakin dikenal, setidaknya di wilayah Asia.

8. Pantai Ngobaran
Pantai Ngobaran merupakan salah satu tempat wisata yang terletak di Desa Kanigoro, kecamatan Saptosari Kabupaten Gunungkidul,  2 km dari pantai Ngrenehan.

Pantai ini sangat indah jika air surut maka tampaklah kolam kolam kecil yang terbentuk dari karang karang yang tertutp oleh alga (rumput laut ) dan terdapat banyak biota laut lainnya yang mungkin terjebak di kolam karang tersebut. Hal inilah yang menopang kehidupan nelayan darat yakni para nelayan yang tidak memerlukan kapal atau perahu untuk mendapatkan hasil laut cukup beraktifitas dipinggir pantai. Biota laut yang sering di dapat adalah Lobster, landak laut, kerang-kerangan, bintang laut dan rumput laut itu sendiri tentunya

Pantai Ngobaran merupakan pantai yang cukup eksotik di Kabupaten Gunungkidul. Belum banyak yang tahu tentang pantai ini dibandingkan dengan Pantai Baron ataupun pantai-pantai yang ada di Kabupaten Gunungkidul. Padahal keindahan pantai dan wilayah sekitarnya tidak kalah menarik dengan pantai-pantai yang ada di Gunungkidul. Saat berkunjung ke Pantai Ngobaran anda akan disuguhkan panorama tebing atau bukit-bukit batu yang berada di sekitar pantai. Dari sisi lain akan terlihat pantai dengan tebing-tebing menawan dipadu pohon pandan besar dan flora khas lainnya.

9. Pantai Ngrenehan
Pantai Ngrenehan terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta atau sekitar 60 km dari pusat kota Yogjakarta.

Masih belum banyak orang yang tau keberadaan pantai ini, karena letaknya yang tersembunyi, melewati jalan kecil yang meliuk dan berombak, dan masih belum terdapat sarana transportasi yang menuju langsung ke lokasi Pantai Ngrenehan.

Di pantai ini anda akan bisa menikmati sajian menu hasil laut, karena di Pantai Ngrenehan juga terdapat tempat pelelangan ikan, sehingga anda dapat langsung membeli aneka hasil laut yang masih segar. Dan untuk anda yang tidak mau repot masak sendiri, terdapat warung-warung makan yang menyediakan aneka makanan olahan hasil laut juga. Tak heran, karena di sekitar pantai ini terdapat kampung nelayan.

Selain itu anda juga bisa menikmati keindahan di sekitar pantai, bermain-main di pasirnya yang putih, menikmati deburan ombak yang menabrak karang hingga memancing di batu-batu karang. Dan, anda juga dapat menikmati pantai ini dari ketinggian, yaitu dari sebuah bukit yang berada di sekitar pantai.